Kamis, 02 Oktober 2014

Tempat Wisata Indonesia : Candi Prambanan

Candi Prambanan. Sebagai candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, cantik dan anggun Candi Prambanan adalah sebuah tontonan megah, tempat wisata dan ikon dari warisan budaya Indonesia. Terletak tidak jauh dari Candi Borobudur Buddha, kedekatan dua Kuil memberitahu kita bahwa di Jawa, Buddha dan Hindu hidup damai di samping satu sama lain.


Prambanan dikenal secara lokal sebagai Roro Jonggrang, berasal dari legenda 'perawan slender'. Menurut legenda sekali waktu, ada seorang muda dan kuat yang bernama Bandung Bondowoso. Dia ingin menikahi seorang putri yang cantik bernama Roro Jonggrang. Ayahnya, raja, setuju dan memaksanya untuk menikah Bandung Bondowoso. Butm Sita tidak mencintainya namun tidak bisa menolak nya.

Setelah pertimbangan hati-hati, dia memikirkan cara untuk menolak Bondowoso, kuasa yang ajaib adalah terkenal. Dia memutuskan ia akan setuju tapi hanya jika Bondowoso membangun 1.000 Candi dalam satu malam sebelum fajar.

Dia bersikeras bahwa pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum ayam berkokok, sesuatu yang dia percaya adalah mustahil. Tetapi dengan bantuan khodam dan kekuatan magis, Bondowoso berhasil menyelesaikan Candi 999. Panik, Jonggrang mengatakan kepada para wanita dari desanya untuk memulai menumbuk padi sehingga ayam akan bangun dan mulai gagak. Ketika Bondowoso mendengar ini dia adalah sangat kecewa dan liar marah. Ketika ia menemukan bahwa Roro Jonggrang telah membuat roosters gagak, ia berbalik ke batu, patung rahmat perawan slender Candi Prambanan utama, sementara sekelompok candi di sekitarnya disebut Candi Sewu atau kuil ribu.

Candi-candi di Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9. Candi terbesar didedikasikan untuk Siwa-perusak, dan dua yang lebih kecil yang duduk di nya kanan dan kiri yang didedikasikan untuk Brahma-¬ pencipta dan Wisnhu-penopang. Candi Prambanan tertinggi adalah mengejutkan 47 meter tinggi. Puncaknya terlihat dari jauh dan naik tinggi di atas reruntuhan candi-candi lainnya.

Setelah ratusan tahun kelalaian, Candi Prambanan ditemukan oleh CA Lons, Belanda, di 1733. Sejak itu, Candi ini telah direvitalisasi dan hari ini secara luas dianggap sebagai yang paling indah dan candi Hindu di Indonesia.

Kemegahan, wisata, kompleksitas, dan konsep arsitektur terpadu Prambanan membuat ini sebuah struktur yang benar-benar menakjubkan. Sebagai keajaiban budaya dan arsitekturnya unik, Prambanan adalah dinyatakan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar